Kondisi SD Negeri 9 di Kecamatan Atu Lintang yang kondiosinya saat ini sangat mengenaskan. Tiga ruang yang di gunakan sebagai ruang belajar berdinding tepas dan berlantai tanah. Kepala dinas pendidikan yang di temui oleh Contributor Kabar Gayo tidak berada ditempat.

SD Negeri 9 Yang awalnya bersetatus swasta dan bangunan nya oleh swadaya masyarakat bernaung pada SD Negeri 3. Selanjutnya pada 2011 Dinegerikan kemudian pada Agustus tahun 2012 baru dilakukan pelaksanaan pembangunan 3 ruang belajar dengan dana anggaran OTSUS 2012.

Keterangan kepala sekolah Sulastri S.Pd pada saptu (8/8) lalu mengatakan yang di jumpai untuk mendapatkan keterangan yang jelas tentang keberadaan sekolah yang baru di negerikan pada tahun 2011 lalu hingga saat ini kondisinya masih berdinding tepas.

 Selanjutnya kepala sekolah juga menjelaskan, untuk kelanjutan pelaksanaan bangunan tersebut saya tidak mengerti, tapi yang jelas pihak kami telah melakukan usulan pada dinas agar dapat di bangun. Penjelasan dari Dinas Pendidikan yang di sampaikan oleh sekretaris Dinas Pendidikan Drs. Muhammad diruang kerjanya keytika di temui Kabar Gayo pada rabu (19/9) lalu mengatakan, dalam hal kondisi SD 9 Atu Lintang itu saya tidak dapat memberikan penjelasan karena yang berwenang tentang itu adalah Kepala Dinas(Sadikin)