Tema diri sendiri adalah pembelajaran mengenal diri sendiri dengan mengenal anggota tubuh dan fungsinya dimana pengenalan ini bermanfaat untuk memperoleh pengetahuan dan menghargai diri dalam kaitannya dengan kegiatan makan, melakukan kebersihan, dan memelihara kesehatan, dan mencintai dan mensyukuri dirinya sebagai ciptaan Tuhan.
Tema diri sendiri yang dialokasikan 3 minggu, guru mengambil kegiatan yang sesuai dengan tema diri sendiri dari Program semester dan dipindahkan ke dalam Rencana Program Pembelajaran Mingguan (RPPM) dan untuk lebih dikhususkan lagi dituang dalam Rencana Program Pembelajaran Harian (RPPH).
Program semester berisikan tentang program pembelajaran mengenai: tema, sub tema, kompetensi dasar dan waktu yang ditata secara urut dan sistematis. Berikut program semester untuk pembelajaran tema diri sendiri:
Program Semester Tema Diri Sendiri
TEMA
|
SUB TEMA
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
Diriku
|
·
Tubuhku
·
Kesukaanku
·
Identitasku
|
1.1
Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya
1.2
Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan
sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
1.1
Memiliki prilaku yang mencerminkan hidup sehat
1.2
Memiliki prilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
2.4
Memiliki prilaku yang mencerminkan sikap estetis
2.5
Memiliki prilaku yang mencerminkan sikap percaya diri
2.8
Memiliki prilaku yang mencerminkan kemandirian
2.10
Memiliki prilaku yang mencerminkan sikap kerjasama
3.1
Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
4.1 Melakukan
kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
3.3
Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk
pengembangan motorik kasar dan halus
4.3
Menggunakan anggota tubuh untuk motorik kasar dan halus
3.7
Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat
tinggal , tempat ibadah, budaya dan transportasi)
4.7 Menyajikan
berbagai karya nya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll
tentang lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah,
budaya dan transportasi)
3.10
Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
4.10
Menunjukkan bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
3.11
Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara
verbal dan non verbal)
4.11
Menunjukkan kemampuan bahasa ekspresif (mengungkapkan
bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12 Mengenal aksara
awal melalui bermain
4.10
Menunjukkan kemampuankeaksaraan awal dalam berbagai
bentuk karya
3.14
Mengenali kebutuhan, keinginan, dan minat diri
4.14
Mengungkapkan kebutuhan, keinginan dan minat dengan
cara yang tepat
|
|
Rencana Program Pembelajaran Mingguan
Taman Kanak-kanak :
Tema :
Diriku
Semester/
Minggu : I/I
Kelompok : 5-6 tahun
KD:
1.1, 1.2, 2.1, 2.2, 2.4, 2.5, 2.8, 2.10, 3.1, 4.1, 3.3, 4.3, 3.7, 4.7, 3.10,
4.10, 3.11, 4.11, 3.12, 4.12, 3.14, 4.14.
Sub
Tema
|
Muatan
Materi Pembelajaran
|
Rencana
Kegiatan
|
Tubuhku
|
·
Tubuhku ciptaan Tuhan
·
Prilaku sopan
·
kesehatan tubuhku
·
kerapian dan hasil karyaku
·
percaya diri terhadap tubuhku
·
aku anak mandiri
·
aku senang bekerja sama
·
anggota tubuhku
·
lingkungan keluargaku
·
Keaksaraan awal
|
Sentra seni
·
Membuat bingkai foto
·
membuat bentuk boneka dari berbagai bahan bekas
·
menggambar dan melukis orang
·
Gerak dan lagu
tubuh
Sentra Bahan Alam
·
Membuat bentuk anggota tubuh dengan ragam media
Sentra Bermain Peran
·
Berman peran di rumah sakit
Sentra
Persiapan
·
Melengkapi huruf sesuai
dengan gambar anggota tubuh dengan ragam media
·
mengelompokkan gambar anggota
tubuh dengan berbagai media
·
Menghitung jumlah gambar anggota tubuh
Sentra
Balok
·
Membuat banguna rumah dengan balok
Sentra
Ibadah
·
Praktek berwudhu
·
Praktek Sholat
|
Rencana
Program Pembelajaran Mingguan
Taman
Kanak-kanak :
Tema : Diriku
Semester/
Minggu : I/2
Kelompok : 5-6 tahun
KD:
1.1, 1.2, 2.1, 2.2, 2.4, 2.5, 2.8, 2.10, 3.1, 4.1, 3.3, 4.3, 3.7, 4.7, 3.10,
4.10, 3.11, 4.11, 3.12, 4.12, 3.14, 4.14.
Sub
Tema
|
Muatan
Materi Pembelajaran
|
Rencana
Kegiatan
|
Kesukaanku
|
·
Kesukaanku anugerah Tuhan
·
Prilaku sopan
·
Kesehatan
·
Kerapian dan hasil karyaku
·
Aku anak mandiri
·
Aku senang bekerja sama
·
Macam-macam kesukaanku
·
Keaksaraan awal
·
Membaca Puisi
|
Sentra seni
·
Membuat dan menggambar makanan dan minuman
kesukaanku
·
Membuat mainan kesukaanku
·
Melipat mainan kesukaan
·
Menggunting gambar buah kesukaanku
·
Membaca puisi kesukaanku
Sentra Bahan Alam
·
Membuat mainan kesukaanku dengan berbagai media
(air, pasir, tanah liat, biji-bijian, dll)
·
Mengkolase gambar kesukaanku
dengan berbagai media
Sentra Bermain Peran
·
Bermain peran menjadi pedagang dan pembeli
Sentra
Persiapan
·
Menghitung gambar buah kesukaan
·
Mengurutkan gambar minuman dari ukuran terkecil
sampai terbesar atau sebaliknya
·
Bercerita tentang gambar kesukaanku
·
Menghubungkan gambar dengan katanya
·
Menarik garis menjadi bentuk utuh
Sentra
Balok
·
Menciptakan mainan kesukaan dati bentuk balok dan
lego
Sentra
Ibadah
·
Mengucapkan do’a mau makan dan sesudah makan
·
Mewarnai kaligrafi Alhamdulillah
·
Menulis huruf hijaiyah
|
Rencana
Program Pembelajaran Mingguan
Taman
Kanak-kanak :
Tema : Diriku
Semester/
Minggu : I/3
Kelompok : 5-6 tahun
KD:
1.1, 1.2, 2.1, 2.2, 2.4, 2.5, 2.8, 2.10, 3.1, 4.1, 3.3, 4.3, 3.7, 4.7, 3.10,
4.10, 3.11, 4.11, 3.12, 4.12, 3.14, 4.14.
Sub
Tema
|
Muatan
Materi Pembelajaran
|
Rencana
Kegiatan
|
Identitasku
|
·
Jenis Kelaminku anugerah Tuhan
·
Berprilaku sopan
·
Rasa syukur
·
Kerapian diri dan hasil karyaku
·
Percaya diri terhadap identitasku
·
Identitas diriku
·
Aksara awal
|
Sentra seni
·
Melukis dan mengambar identitas diriku
·
Finger painting gambar identitasku
·
Mengunting dan menempel gambar pakaian daerah
·
Membatik bentuk kerawang gayo
·
Menyanyikan lagu “aku”
Sentra Bahan Alam
·
Melukis dengan berbagai media
gambar identitas
Sentra Bermain Peran
·
Berman peran “berkenalan”
Sentra
Persiapan
·
Meniru menulis nama diri sendiri
·
Mengucapkan huruf awal nama diri
·
Menunjukkan kejanggalan suatu gambar
·
Mencari perbedaan dua buah gambar
Sentra
Balok
·
Membuat bangun rumah dengan balok
Sentra
Ibadah
·
Mengucapkan doa untuk kedua orang tua
·
Mengucapkan do’a bermain
·
mengucapkan hadist sesama muslim bersaudara
·
Menulis huruf hijaiyah
|